Minggu, 27 September 2015

Langkah-langkah Dalam Pembuatan Jaket Kulit Tradisional Asli Indonesia

 Jaket kulit di buat memakai jaket kulit hewan juga sebagai bahan basic. Sistem pembuatannya sendiri lewat sebagian step serta sistem yang memerlukan ketrampilan, kecermatan serta tentu kesabaran lantaran sistem pembuatannya cukup mengambil alih saat yang relatif lama. Walau sekarang ini kulit domba jadi alternatif yang cukup popular serta banyak diidamkan oleh beberapa penggemar jaket kulit, namun masih tetap saja sistem pembuatannya sama persis dengan kulit binatang yang lain.

Bahan Basic Jaket Kulit
Kulit antelope (sejenis rusa afrika), kulit rusa, kulit domba, kulit kambing, kulit sapi serta kulit yaitu yang seringkali dipakai untuk bikin jaket kulit. Kulit hewan yang sudah di ambil selekasnya didinginkan, digarami atau di rendam air asin. Sesudah didinginkan, kulit di kirim ke tempat penyamakan kulit dimana kulit itu melakukan rangkaian sistem seperti pencucian, pengeringan, pencabutan bulu, serta pengawetan. Sistem itu sangatlah utama untuk meyakinkan bahwa product baju yang dihasilkan berkwalitas tinggi. Bahan untuk menjahit seperti benang, susunan, pita jahitan, kancing, risleting serta biasanya dibeli dari vendor luar serta disimpan di pabrik garmen.

Penyamakan Kulit (HidesTanning)
Sistem paling awal pembuatan jaket kulit adalah menghimpun beberapa binatang yang bakal di ambil kulitnya lalu dilanjutkan dengan hides tanning atau penyamakan kulit. Pada awal sistem ini, ada banyak hal yang perlu dikerjakan seperti

Pencucian kulit hewan (washing)
Sistem pengeringan kulit hewan (drying)
Sistem pencabutan bulu (menyingkirkan bulu)
Sistem pengawetan (preserving)


Pewarnaan (Coloring)
Sistem setelah itu adalah pewarnaan (coloring) bahwa warna basic jaket kulit adalah hitam serta coklat, tetapi dapat pula memastikan warna apa sajakah sesuai sama selera memakai zat kimia pewarna.

Pembuatan pola design atau jenis jaket kulit
Sesudah bahan baku usai diolah sampai sistem pewarnaan (coloring), jadi step setelah itu yaitu pembuatan pola design atau jenis jaket kulit. Pada zaman dahulu pembuatan pola baju jaket kulit masih tetap memakai tehnik tradisional yakni dengan bikin pola di atas kertas/karton dengan cara manual, bahkan juga hingga saat ini juga tehnik ini masih tetap dipertahankan oleh sebagian pengrajin jaket kulit. Terakhir sesudah tersentuh oleh perkembangan tehnologi, jadi beberapa pengrajin bikin pola design jaket kulit yang telah memakai software komputeruntuk mempercepat sistem pelaksanaan.

Sewing sistem penjahitan
Seperti seperti bikin baju pakaian atau celana, jadi sistem pembuatan jaket kulit juga mempunyai banyak kemiripan. Sesudah merampungkan pembuatan pola design atau jenis jaket kulit, jadi dilanjutkan dengan sistem sewing atau menjahit. Sistem penjahitan (sewing) dapat dikerjakan memakai mesin jahit dengan cara manual atau dapat dengan juga system konveksi untuk produksi dalam partai besar. Ketrampilan serta kelihaian dalam bikin pola design jenis jaket kulit dan sistem penjahitan (sewing) bisa memengaruhi kenyamanan serta kerapihan jaket kulit saat digunakan.

Pemolesan Jaket Kulit (Rouging)
Inilah sistem akhir pembuatan jaket kulit, yakni sistem pemolesan atau dimaksud dengan juga rouging. Sistem pemolesan rouging ditujukan untuk menyingkirkan kotoran serta noda yang masih tetap tersisa saat jaket masih juga dalam step produksi, dan jadikan permukaan jaket terlihat mengkilat. Sekian langkah untuk langkah mengintip sistem pembuatan jaket kulit domba.

1 komentar:

  1. Thanks for sharing.. Butuh bahan kain jaket berkualitas dengan harga murah?.. Kunjungi toko kain online kami dan dapatkan penawaran menarik lainnya.. Regards : Fitinline..

    BalasHapus